Cara Mendapatkan Bantuan UMKM Tanpa Jaminan yang Mudah dan Aman





https://www.freepik.com/free-photo/local-retailer-taking-care-his-business_24749457.htm

Bantuan umkm berupa modal usaha membantu bisnis mikro dapat berkembang dan melebarkan sayap untuk menjangkau pemasaran yang lebih luas. Seperti yang diketahui bahwa modal usaha berperan penting dalam keberlangsungan suatu bisnis.

Hanya saja kendala yang banyak usaha mikro sering alami yaitu kekurangan modal. Saat mulai membangu usaha, mungkin bisa dengan modal kecil. Akan tetapi, banyak hal yang bisa terjadi selama bisnis berjalan, salah satunya arus kas yang tidak stabil.

Cara Mendapatkan Bantuan UMKM Tanpa Jaminan


Laju ekonomi nasional, terutama pendapatan daerah bruto (PDB) mengandalkan usaha kecil, mikro, dan menengah. Ini karena UMKM memiliki fleksibilitas, walau perekonomian secara menyeluruh sedang lesu.

UMKM bisa survive dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil, sehingga pemerintah menyatakan bahwa UMKM sebagai critical engine yang menjadi pilar pembangunan ekonomi nasional (PEN).

Adanya UMKM juga mampu mengurangi tingkat pengangguran, karena dapat membuka lowongan pekerjaan yang lebih luas dan beragam. Untuk itu, perlu adanya pemberdayaan usaha mikro dengan dukungan pinjaman UMKM tanpa jaminan.

Tips untuk mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan, yaitu:

1. Pinjam Kepada Keluarga atau Teman

Meminjam kepada keluarga atau teman, salah satu cara untuk mendapatkan bantuan modal usaha tanpa jaminan. Keuntungannya kamu bisa berdiskusi perihal pengembalian dana, baik itu adanya bunga atau bagi hasil keuntungan.

2. Mencari Investor

Mendapatkan bantuan modal bisa juga melalui investor yang bersedia untuk membantu kemajuan bisnis. Kamu bisa membuat proposal usaha untuk mengajak investor bergabung dengan usaha yang sedang dikembangkan.

3. Mengajukan Pinjaman di Lembaga Fintek

Saat ini lembaga pembiayaan dan pendanaan fintek memberikan akses mudah bagi UMKM untuk mendapatkan modal usaha. Salah satunya, pinjaman UMKM tanpa jaminan melalui kelompok mingguan Amartha.

Amartha merupakan mikro fintek yang mendukung penuh pemberdayaan usaha mikro, khususnya UMKM pedesaan. Alasan memilih Amartha karena resmi berizin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal ini juga yang harus menjadi perhatian pelaku usaha mikro dalam memilih lembaga pendanaan fintek. Tujuannya agar tidak memberatkan dalam hal pengembalian dana, seperti bunga yang terlalu tinggi.

Sedangkan, jika kamu mengajukan bantuan modal usaha melalui Pinjaman Kelompok Mingguan Amartha memiliki banyak keuntungan. Selain proses pengajuan mudah, dana yang dicairkan tidak ada potongan biaya admin.

Selain itu, adanya pendampingan mingguan yang dilakukan secara berkala selama masa pinjaman memiliki manfaat tersendiri bagi mitra Amartha. Misalnya, berdiskusi perihal perkembangan bisnis dan kondisi usaha yang tengah dialami.

Cara Mendapatkan Pinjaman UMKM Tanpa Jaminan Melalui Amartha

Dapatkan modal usaha bagi UMKM dengan syarat tanpa jaminan yang mudah dan aman melalui Pinjaman Kelompok Mingguan Amartha. Ini merupakan pinjaman modal usaha produktif untuk memulai bisnis atau mengembangkan usaha yang sudah berjalan.

Cara mendapatkan pinjaman umkm melalui Amartha sangat mudah dan proses yang cepat. Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Membentuk kelompok usaha yang terdiri dari 15-25 anggota. Syarat anggota harus yang berdomisili berdekatan.

2. Membuat profil usaha serta rencana usaha yang jelas.

3. Ajukan profil usaha secara online dan tunggu proses verifikasi selesai.

4. Pencairan dana cepat dengan jumlah pinjaman yang masing-masing anggota terima berbeda, sesuai dengan skor kredit yang diterima.

5. Mengikuti pendampingan mingguan yang difasilitasi oleh Amartha.

Mengajukan pinjaman modal usaha produktif melalui Amartha pilihan tepat. Ini karena kemudahan selama proses pengajuan dan syarat tanpa jaminan memberikan keuntungan tersendiri bagi umkm.




You Might Also Like

14 komentar

  1. UMKM sekarang dipermudah banget ya, semoga pelaku UMKM bisa semakin berkembang dengan adanya pinjaman tanpa jaminan dari Amartha ya

    BalasHapus
  2. Iyaa lhoo, cocok banget kalau UMKM dinobatkan sebagai Critical Engine karena emang mereka bantu menstabilkan pembangunan ekonomi nasional. Tapi akdang mau bikin usaha tuh ngga ada modal. Jadi mengajukan pinjaman di lembaga Fintek bisa nih jadi rekomendasi.

    BalasHapus
  3. Semoga makin banyak lembaga yang bisa membantu pendanaan untuk UMKM sehingga bisa scale up ke jenjang yang lebih tinggi, mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas, namun tetap terjaga keamanan suku bunganya sehingga tidak mencekik cash flow UMKM nya

    BalasHapus
  4. Ternyata pengajuan pinjaman lebih mudah dengan berkelompok ya. Saya sebetulnya anggota dr UMKM d kota saya. Kalo UMKM saya diajukan untuk pinjaman ke Amarta, bisa banget kali yah

    BalasHapus
  5. Amartha bisa mendukung untuk pelaku usaha lebih berdaya lagi, baik untuk meningkatkan usahanya maupun memperluas jaringan

    BalasHapus
  6. Ini perlu disebarkan ke pelaku UMKM nih. Biar yang lagi nyari bantuan dana jadi tahu.

    BalasHapus
  7. Aku baru tahu lembaga keuangan Amartha ini Mbak. UMKM memang kadang terkendala modal yaa.. Di sini pentingnya seorang pengusaha membangun integritas pribadi sejak jauh hari. Sebab, seseorang dengan integritas baik, pasti akan lebih dipercaya untuk mendapatkan pinjaman modal, entah itu dari perorangan/keluarga, investor, maupun lembaga keuangan. Bisa dibilang, jaminan-nya ya integritasnya itu ya mba...

    BalasHapus
  8. Memajukan bisnis ini memang gak mudah yaa..
    Selalu ganjalan utamanya adalah modal usaha.
    Alangkah memudahkan sekali jika ada pinjama tanpa jaminan seperti yang ditawarkan Amartha.
    Menjadi angin segar bagi para pengusaha UMKM untuk terus mengembangkan usahanya agar lebih maksimal.

    BalasHapus
  9. Dengan adanya pinjaman dari Amartha ini bisa membantu para UMKM yang sedang merintis, karena saat merintis biasanya butuh modal yang cukup agar usaha tetap berjalan

    BalasHapus
  10. Amartha ini mempermudah para UMKM yang kurang modal ya, Mak. Tapi emang lebih baik pinjam ke Amartha sih daripada pinjam ke teman atau saudara secara pribadi, urusan uang suka rawan.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah ya, Amartha memfasilitasi modal bagi mereka yang membutuhkan tentunya dengan Pinjaman Kelompok Mingguan Amarta berupa pinjaman modal usaha produktif untuk memulai bisnis atau mengembangkan usaha .

    BalasHapus
  12. Kalau begini memungkin usaha mikro dengan dukungan pinjaman UMKM tanpa jaminan jadi bisa proses tambah maju ya mba..

    Pastinya memang usaha mikro itu kesulitan utk kengambangkan usahanya jatuh pada modal mereka yg minim bisa jadi pilihan pinjaman modal usaha produktif melalui Amartha

    BalasHapus
  13. Sekarang ini, mencari modal usaha, bahkan tanpa jaminan, bisa dibilang sangat mudah ya. Asal bener untuk modal usaha, pastinya bisa membuat pinjaman tanpa jaminan bisa cepat dapat. Tapi tentunya, harus teliti dulu. Jangan sampai kemudahan mendapatkannya malah jadi membuat menyulitkan di akhir. Dan harus dipikirkan juga cara mencicil atau mengembalikan pinjaman tersebut.

    BalasHapus
  14. wah pastinya fasilitas dari amarta ini sangat membantu ya mbak buat umkm yang ingin memperbesar usahanya dengan menambah modal atau ingin membuka usaha dan memerlukan modal tanpa jaminan

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.