Cara Mengelola Biaya Renovasi Rumah Agar Tidak Membengkak

Renovasi Rumah Agar Biaya Tak Membengkak

Rumah yang indah serta nyaman tentunya akan membuat Anda betah tinggal disana. Itulah mengapa kegiatan renovasi hunian termasuk salah satu rutinitas penting yang harus dilakukan guna menjaga hal tersebut.

Karena pada dasarnya semakin bertambahnya usia maka kondisi rumah atau hunian akan semakin menurun, mulai dari segi tampilannya yang mulai usang, hingga mungkin beberapa bagian lagi yang rusak. 

Sayangnya memang mempersiapkan biaya renovasi rumah juga tidak semudah itu, mengingat jumlah yang dibutuhkan relatif besar.

Tips Mengelola Anggaran Untuk Renovasi Rumah

Persiapan secara keuangan atau financial. Membuat persiapan keuangan pastinya sangat penting ketika Anda ingin melakukan renovasi hunian tersebut, pasalnya perbaikan bangunan membutuhkan biaya yang tidak bisa dikatakan kecil, bisa sampai ratusan juta rupiah bahkan mungkin lebih dari itu. 

Jika seandainya kegiatan renovasi yang dilakukan besar-besaran atau ingin melakukan perubahan secara total. Berikut ini ada beberapa langkah dalam mengelola keuangannya yang dapat Anda terapkan, yaitu:

1. Membuat RAB secara realistis,

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun Rencana Anggaran Belanja, namun harus realistis sesuai dengan kebutuhan Anda. Itulah mengapa penting bagi Anda setidaknya punya tujuan yang jelas atau menentukan terlebih dahulu kira-kira bagian mana sajakah yang ingin direnovasi atau diperbaiki. 

Bisa juga dengan berkonsultasi kepada ahlinya, sehingga bisa lebih pasti nantinya bahan-bahan apa saja yang harus dibeli, begitu juga dengan anggaran yang patut disediakan.

2. Riset pasar untuk mendapatkan harga terbaik,

Tentunya banyak yang sudah tahu bahwa harga bahan bangunan antara satu toko dengan toko yang lain berbeda, dimana ada yang menawarkan harga lebih murah, namun tidak jarang juga diantaranya yang memberikan penawaran harga lebih mahal. 

Hal ini juga berkaitan dengan pilihan material alternatif yang nantinya dapat dijadikan sebagai opsi kedua, contohnya dibandingkan dengan menggunakan marmer yang secara harga lebih mahal, maka dapat diganti dengan granit atau keramik untuk lantai.

3. Menyesuaikan dengan budget yang dimiliki,

Jika anggaran biaya renovasi rumah Anda kecil, maka jangan memaksakan diri untuk melakukan renovasi yang memakan biaya yang mahal. karena pada akhirnya nanti Anda yang akan kebingungan memutar otak untuk mendapatkan tambahan dana. 

Bisa juga resiko yang lebih parah terjadi, yaitu ruah sudah dihancurkan, namun pada saat pembuatannya berhenti di tengah jalan, sehingga pada akhirnya justru mangkrak tidak selesai.

4. Mempertimbangkan beberapa opsi pendanaan, 

Pada dasarnya tidak selalu harus dengan mengandalkan dana pribadi atau uang tabungan untuk melakukan kegiatan renovasi ini, apalagi di zaman sekarang juga ada banyak produk pinjaman yang bisa diandalkan untuk membantu dalam mendapatkan sumber pendanaan, termasuk diantaranya adalah kredit renovasi dari bank.

Pinjaman Renovasi Dari Bank BCA

Salah satu lembaga keuangan atau bank yang juga menawarkan produk kredit renovasi rumah, diantaranya adalah dari bank BCA. Tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini bukan. Bank BCA termasuk salah satu perbankan swasta terbesar yang ada di Indonesia, serta kualitas layanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan dengan ambil pinjaman untuk renovasi dari bank BCA, diantaranya adalah:

1. Bunga bersaing

Apabila dibandingkan dengan bank yang lainnya, maka bisa dibandingkan sendiri karena bank BCA menawarkan beban bunga yang paling rendah, sehingga tidak akan membebani dalam biaya pengembaliannya.

2. Tenor panjang,

Selanjutnya berkaitan dengan masa pelunasan atau tenor pinjaman tersebut maka tidak perlu khawatir, karena jangka waktu yang diberikan oleh bank BCA mencapai puluhan tahun, tidak kalah dibandingkan dengan KPR rumah baru, sehingga Anda akan diberikan keringanan di dalam pembayaran cicilannya.

3. Plafon tinggi 

Tidak perlu khawatir juga ada jumlah pinjaman yang diberikan oleh bank BCA, karena nominalnya relatif tinggi atau besar, sesuai dengan kebutuhan Anda untuk melakukan renovasi rumah, dimana biaya yang dibutuhkan juga pasti besar. Dijamin kegiatan renovasi pasti akan selesai.

Jadi sekarang ini tidak perlu khawatir akan biaya renovasi rumah, cukup ajukan pinjaman saja kepada bank BCA, prosesnya cepat serta syarat yang diberikan juga mudah. Klik disini untuk informasi selengkapnya

 

You Might Also Like

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.