Material Atap Baja Ringan Pilihan Tepat untuk Rumah Nyaman dan Kekinian

 


Tinggal di kota Balikpapan membuat saya sejenak mengalami culture shock. Dari yang awalnya tinggal di area pegunungan yang sejuk kini tinggal di kota yang memiliki suhu udara yang lumayan tinggi. Terutama ada saat musim kemarau.

Hal ini dapat menyebabkan suasana di dalam rumah menjadi panas, pengap dan mudah lelah. Karena itulah, penting sekali memilih material atap yang tepat agar hunian dapat kembali sejuk dan nyaman, salah satunya adalah material atap baja ringan  . Atap merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah bangunan rumah.

Selama bertahun-tahun ini genteng kayu, beton, atau tanah liat telah menjadi pilihan utama untuk melindungi rumah. Namun, akhir-akhir ini, atap baja ringan telah menjadi alternatif atap yang sangat populer dan lebih modern. 

Pada artikel ini akan membahas mengapa atap baja ringan menjadi pilihan yang semakin diminati,  apa saja keunggulannya, tips dalam memilihnya, serta rekomendasi warna atap baja ringan BlueScope Zacs.

Material Atap Baja Ringan Sebagai Pengganti Genteng, Kayu, Beton dan Tanah Liat.

Pada dasarnya, atap baja ringan terbuat dari bahan logam, seperti baja ringan. Hal ini merupakan material yang kuat, tahan lama, dan sangat tahan terhadap berbagai kondisi baik hujan, panas maupun cuaca yang ekstrem. Salah satu keunggulan utama dari atap baja ringan adalah kemampuannya untuk menggantikan material seperti genteng kayu, beton, atau tanah liat dengan kwalitas yang lebih baik tentunya.

Keunggulan Menggunakan Atap Baja Ringan

1. Perawatan Mudah

Atap baja ringan memerlukan perawatan yang sangat minimal. Anda hanya perlu membersihkannya secara berkala dalam beberapa tahun sekali.

2. Waktu Pengerjaan Relatif Cepat

Karena bobot nya yang ringan, pemasangan atap baja ringan lebih cepat dibandingkan dengan pemasangan genteng biasa. Sat-set-sat-set beneran, saya sampai kaget ketika tahu-tahu sudah selesai saja pengerjaannya. Nggak sampai seharian. waktu pengerjaan akan jadi lebih singkat dan tidak membuat budget membengkak. Hal ini tentu saja menghemat waktu pengerjaan dan biaya tenaga kerja tukang bangunan.

3. Mudah Ditemukan di Pasaran

Bahan atap baja ringan saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Bahkan di tempat yang masuk di area pedalaman juga masih ada. Fix hal inilah yang  membuatnya menjadi pilihan yang praktis.

4. Kuat, Kokoh dan tahan Lebih Lama

Atap baja ringan memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap beban angin, hujan deras, dan cuaca exstrem. Atap baja ringan juga memiliki kekuatan yang tinggi dan mampu menahan tekanan, gempa bumi, dan beban angin dengan baik. Baja ringan juga tahan terhadap korosi dan serangan hama seperti rayap, menjadikannya pilihan yang tahan lama dalam jangka panjang. Hal ini menjadikannya pilihan yang kokoh dan tahan lama.

Tips Memilih Baja Ringan yang Tahan Karat

Pada saat memilih atap baja ringan, pastikan untuk memperhatikan ketahanan karat nya. Baja ringan yang tahan karat akan lebih tahan lama dan memerlukan perawatan yang lebih sedikit. Salah satu merek baja ringan yang memenuhi standar ketahanan karat yang tinggi adalah BlueScope Zacs®️ yang memiliki sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) dan Australia.

Baja ringan dari BlueScope Zacs®️ juga tersedia dalam berbagai jenis, termasuk jenis Natural yang cocok untuk membuat rumah tetap sejuk dan nyaman di bawah terik matahari tropis.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda perhatikan:



1. Pilih baja ringan yang kualitas terbaik serta tahan karat

Untuk memastikan baja ringan yang Anda pilih tahan terhadap karat, pastikan memilih baja dengan lapisan pelindung yang tahan terhadap korosi. Pilihan yang umum adalah baja galvanis atau baja dengan lapisan seng. Lapisan ini akan membantu melindungi baja dari paparan cuaca dan kelembaban

Dalam memilih baja ringan haruslah dengan kualitas yang baik. Carilah produk dari produsen terpercaya yang memiliki reputasi baik dalam memproduksi baja ringan berkualitas tinggi. Baja yang berkualitas baik akan memberikan ketahanan terhadap cuaca ekstrem dan masa pakai yang lebih lama.

2. Pilih jenis baja ringan natural

Untuk menciptakan suasana rumah yang sejuk atau anti panas, kamu dapat mempertimbangkan baja ringan dengan sifat isolasi termal yang baik. Contohnya adalah jenis baja ringan dengan lapisan khusus seperti lapisan reflektif yang dapat memantulkan panas sinar matahari. Hal ini dapat membantu menjaga suhu di dalam rumah tetap sejuk.

3. Tinjau sertifikasi energi

Periksa apakah baja ringan yang kamu pilih memiliki sertifikasi energi atau lulus uji keandalan termal. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa baja ringan tersebut memenuhi standar kinerja energi yang diinginkan dan dapat membantu menjaga rumah tetap sejuk dengan efisien.

Nah, tahu gak kalau semua faktor di atas sudah ada dalam baja ringan BlueScope Zacs®️ yang merupakan merk baja ringan yang sudah SNI, bersertifikat, sudah terbukti 100 tahun di Australia dan dilengkapi dengan garansi resmi PT NS BlueScope Indonesia untuk perlindungan karat serta warna.

Rekomendasi Warna Atap Baja Ringan BlueScope Zacs®️

Baja ringan BlueScope Zacs®️ tidak hanya unggul dalam hal kualitas dan ketahanan tetapi juga menawarkan berbagai pilihan warna yang menarik untuk meningkatkan estetika rumah Anda. 

Atap baja ringan BlueScope Zacs®️ ini juga memiliki berbagai model pilihan seperti Natural, Cool, Bare, dan Truss. Dengan banyaknya pilihan model, salah satu rekomendasi material untuk hunian sejuk dan alami yaitu BlueScope Zacs®️ Natural  yang memiliki varian warna natural dan trendi diantaranya Merah Gaharu, Coklat Amara, Hijau Rasamala dan Hitam Rokan.

 Warna-warna tersebut selaras dengan alam sehingga mampu membuat hunian terasa sejuk dan nyaman, serta tekstur nya yang menyerupai kulit jeruk sehingga lebih mendukung konsep hunian tropis. Kamu bebas memilih warna-warna yang indah ini sesuai dengan konsep rumah dan warna kesukaanmu.

Penutup

Atap baja ringan saat ini telah menjadi pilihan modern yang unggul dibandingkan dengan material konvensional seperti genteng kayu, beton, atau tanah liat. Keunggulannya dalam perawatan, waktu pengerjaan, dan ketahanan menjadikannya pilihan yang tepat.

Jika Anda mencari atap baja ringan yang tahan karat dengan berbagai pilihan warna yang menarik, BlueScope Zacs®️ adalah merek yang dapat Anda pertimbangkan. Dengan atap baja ringan BlueScope Zacs®️, rumah Anda akan tetap kokoh dan indah dalam jangka panjang

 

You Might Also Like

5 komentar

  1. Terkesan modern sekali melihat atap baja ringan di perumahan ya, tema warnanya juga natural banget dan sepertinya aku penasaran sama bagaimana tampilan dari ke empat varian warna naturalnya kak 🤗

    BalasHapus
  2. Wah...keren nih. Atap baja dulu kesannya kusam gitu ya. Sekarang ada pilihan warna. Bisa nih pilih yang merah, bisa jadi penanda. Itu tuh rumah yang atapnya merah. Baja ringan favorit rumah kekinian deh. Konstruksinya juga lebih ringan, memasangnya cepat, dan awet.

    BalasHapus
  3. Suka dengan warna atap baja ringan ini, banyak pilihan warnanya, lebih awet juga kan asal tahu cara pemasangan yang benar jadi lebih memudahkan dan hemat biaya perawatan

    BalasHapus
  4. Lengkap kap nih penjelasan tentang atap baja ringan. Teknik membangun pun berkembang pesat, udah sat set aja bikin rumah jaman sekarang

    BalasHapus
  5. auto pengen pasang Atap baja ringan BlueScope Zacs®️ juga dirumah, meski Bandung gak se panas itu tapi karena atap masih asbes jadi pengen ganti ini sih biar adem yaaa di rumah

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.